RSS

PEMILIK SEMANGAT



Secara sadar atau tidak semangat itu timbul dengan sendirinya akibat dari rangsangan-rangsangan dari luar maupun dari dalam. Semangat itu sendiri merupakan salah satu efek yang sangat penting untuk kita miliki dalam kehidupan ini. Namun jeleknya, semangat ini sering down alias naik turun. Kalo misalnya turun, kemudian naik, itu sih normal dan gak apa-apa. Yang bahaya adalah semangatnya turun dan gak naik-naik. Hal ini bisa jadi masalah besar. Tanpa semangat kita akan malas melakukan sesuatu. Misalnya malas dalam belajar, mengerjakan tugas, mandi, makan, bahkan malas untuk melakukan apapun.  

Lalu mengapa semangat bisa turun naik ataupun  hilang timbul?. Contohnya  pujian. saat di puji melakukan sesuatu dengan baik, atau misalnya mendapat pujian memiliki tulisan yang rapi dan bagus. maka muncul lah semangat dan kepercayaan diri untuk lebih rajin lagi menulis. Selain itu, semangat terkadang menjadi menciut setelah melihat situasi dan kondisi. Ketika mengikuti lomba presenter. Saat melihat peserta lain tampil dengan bagus. Maka disanalah semangat jadi down. Melihat orang lain jauh lebih baik dari diri kita. Semangat pun jadi kendor. Atau disaat kamu telah belajar dengan sungguh-sungguh, namun hasilnya tetap saja tidak bagus.

“Bagaimana  caranya agar semangat gak down?”

Biar gak down, ya dibikin up dong. Kudu move on. Tanyain ke diri sendiri, kamu pengennya apa? Maunya kayak gimana? Apa yang bikin kamu down?. Cari si biang pembuat down. kemudian berantas mereka hingga tuntas. Isi hari-hari dengan aktivitas yang bermanfaat, atau sekedar menyenangkan diri sendiri. karena kamu perlu lo menyenangkan diri kamu. Banyak kok, keluarga, sahabat, temen kost, pacar, bisa dijadikan tameng biar nggak galau dan ngebuat semangat jadi balik lagi. Seru-seruan sama mereka juga penting, walaupun statusnya, kamu lagi sibuk sama seabrek aktivitas yang bikin kamu puyeng. Tapi tetep kudu inget, gak boleh berlebihan.

Terus cara ngeberantasnya gimana?

Yang pertama-tama adalah motivasi dari diri sendiri. Orang lain aja bisa, kenapa kamu tidak. Tekadkan dalam diri bahwa kamu yakin bisa. Kamu harus memiliki target atau rencana pencapaian. Kalo perlu tulis tanggal tercapainya target tersebut. Semakin kamu malas, maka tanggal itu akan terdorong semakin menjauh. Kemudian jangan lupa berdoa. Gak ada yang gak mungkin kok di dunia ini. Orang paling bodoh pun bisa jadi sang juara kalo dia mau berusaha dengan sebaik mungkin. Karena sebenarnya tidak ada orang yang bodoh, yang ada hanyalah orang yang malas berusaha. Dan tidak ada yang nama nya gagal, yang ada hanyalah orang yang mudah menyerah.

Yang kedua motivasi dari luar diri sendiri. Example, kamu males belajar. Coba amati dan perhatikan kedua orangtua. Mereka benar-benar berjuang keras supaya kita bisa sekolah, bisa hidup layak, bisa makan enak. Kontribusi apa yang bisa kita berikan kepada mereka selain belajar. Selanjutnya berteman dengan orang-orang yang memiliki semangat. Karena semangat itu menular. Seperti kata pepatah, jika kita bergaul dengan seorang penjual minyak wangi, maka kita pasti akan kecipratan wanginya juga. Next,  jangan lupa untuk selalu bersyukur atas apa yang telah kita miliki. Karena kita masih di beri kesempatan untuk bernapas oleh sang pencipta.

            So, gak ada alasan untuk gak semangat lagi kan?.

Kita memang hidup untuk hari ini. Namun  masing-masing dari kita memiliki impian hari esok. Kita harus memperjuangkannya. Maka berjuang lah dengan total. Pemilik semangat adalah orang yang mampu memanajemen dirinya dengan baik. Jadilah sang pemilik semangat. Keep spirit.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar